Frekuensi RCTI Terbaru di Satelit

Frekuensi RCTI Terbaru

Berapa frekuensi RCTI Terbaru di Satelit Parabola? Stasiun televisi swasta pertama di Indonesia ini dikenal sebagai TV dengan tontonan berkelas. Banyak program acara yang mendapatkan rating tinggi seperti Indonesian Idol, Master Chef dan deretan judul sinetron dengan ratusan episode. Tidak heran ketika siaran RCTI menghilang pasti banyak yang mencari nomor frekuensi terbaru.

RCTI merupakan salah satu stasiun TV milik MNC Group bersama dengan GTV (Global TV), MNC TV dan iNews. Grup milik Hary Tanoe tersebut dikenal pelit karena mengacak semua siaran TV melalui satelit, hanya iNews yang Free To Air (FTA). Ketiga channel MNC Group bak channel premium yang hanya bisa disaksikan di layanan TV satelit berlangganan.

Frekuensi RCTI di Satelit

Saat ini RCTI hanya bisa dinikmati di Pay TV yaitu K-Vision, Nex Parabola dan Nusantara HD. Ketiganya menyediakan layanan di jalur C-band dan Ku-band. Kalau yang premium dan lebih mahal ada di MNC Vision dan TransVision. Berikut ini adalah daftar frekuensi RCTI terbaru di satelit parabola.

SatelitFrekuensiKet
Palapa D 113.0°E3600 V 31000K-Vision
Telkom 4 108.0°E3860 V 31000K-Vision, HD
Telkom 4 108.0°E3934 V 10000NusantaraHD
Telkom 4 108.0°E4034 H 16600$
Telkom 4 108.0°E4060 V 31000K-Vision
Telkom 4 108.0°E4180 V 29800Nex Parabola
SES 9 108.2°E11921 V 45000Nex Parabola
Measat 3a 91.4°E12396 H 31000K-Vision, HD
Measat 3a 91.4°E12436 H 31000K-Vision
Measat 3b 91.5°E12643 H 30000NusantaraHD/ TransVision

Dari daftar nomor frekuensi di atas terlihat bahwa RCTI selalu masuk Pay TV baik itu di C-band dan Ku-band. Ingat ya yang Palapa D dan Telkom itu untuk pengguna parabola jaring C-band. Sedangkan satelit SES 9, Measat 3a dan Measat 3b untuk pengguna dish mini yang berada di jalur Ku-band.

Semua siaran RCTI melalui satelit pasti diacak dengan acakan maut. Tidak ada cara membuka paksa siaran yang terkunci (lambang dollar).

Beruntungnya RCTI, GTV dan MNCTV masih bisa dinikmati gratis dengan syarat membeli receiver dari Pay TV. Cukup gunakan receiver rekomendasi lalu aktivasi, channel RCTI bisa ditonton tanpa harus membayar biaya bulanan. Hal semacam ini disebut dengan istilah Free To View (FTV).

Satu-satunya yang menyediakan frekuensi RCTI HD adalah K-Vision. Sangat wajar karena RCTI dan K-Vision sama-sama berada di bawah naungan MNC Group. Selain itu program acara eksklusif seperti Indonesian Idol dan Master Chef juga tetap cling di K-Vision, di Pay TV lain pasti teracak dan diisi program pengganti.

Sekarang sudah tidak ada lagi frekuensi RCTI MPEG-2 untuk pengguna receiver jadul. Bahkan siaran backup di transponder milik MNC Media telah memakai format MPEG-4. Faktanya video MPEG-2 sudah mulai ditinggalkan karena kualitas siaran yang lebih buruk. FelixMilea doakan semoga teman-teman dapat rejeki untuk segera upgrade receiver ke MPEG-4.

Cara Mencari Siaran RCTI yang Menghilang

Terkadang siaran RCTI tiba-tiba hilang dari televisi parabola anda. Hal ini jelas menjengkelkan terutama anda pecinta Dahsyat, Preman Pensiun, Tukang Ojek Pengkolan dll. Jika hanya beberapa channel yang hilang, jangan buru-buru mengeser parabola karena mungkin solusinya cukup tekan remot.

Frekuensi Berubah

Frekuensi dari Pay TV dimana RCTI berada memang jarang berubah namun bisa terjadi. Sebut saja di pertengahan 2020, siaran K-Vision dan NEX Parabola migrasi dari satelit Palapa D ke Telkom 4. Dampaknya semua siaran di Palapa D akan menghilang termasuk RCTI.

Solusi mencari siaran RCTI yang menghilang adalah memasukkan frekuensi RCTI di Telkom 4 lalu scan ulang. Kebetulan Palapa D dan Telkom 4 sering disatukan dalam 1 dish, kita tidak perlu mengubah arah parabola.

Lain jika anda hanya lock Palapa D, kita harus mengeser parabola ke arah 108° Bujur Timur. Selanjutkan tambahkan satelit Telkom 4 108.0°E, masukkan frekuensi baru dan ubah pengaturan antena mirip dengan yang Palapa D. Terakhir tinggal scan ulang, untuk pilihan “Hanya FTA” dipilih Tidak.

Siaran Teracak

Apabila RCTI hanya menghilang saat jam tayang program acara tertentu, kemungkinan besar disebabkan siaran yang teracak.

Contoh ketika ada siaran olahraga seperti Sepak Bola, Futsal, Bulu Tangkis, Tinju dll. Alasannya adalah pembatasan hak siar, RCTI hanya memiliki hak siar untuk siaran terestrial saja bukan satelit. Solusinya adalah membeli paket olahraga jika tersedia.

Belakangan program Indonesian Idol, Master Chef hilang di Nusantara HD dan Nex Parabola. Penyebabnya adalah program tersebut eksklusif hanya tersedia di MNC Vision Networks yaitu MNC Vision, K-Vision dan MNC Play. Agar bisa menyaksikan kembali mau tidak mau harus beralih ke K-Vision. Alternatif lain ada di streaming melalui RCTI+, Vision+, dan MeTube.

Tidak Ada RCTI, MNC TV dan GTV

Hingga tahun 2020 masih banyak pengguna parabola yang berharap siaran RCTI Free To Air. Sayangnya siaran gratis yang bisa ditonton dengan sembarang receiver sudah tidak ada lagi.

Mau tidak mau kita harus beralih ke Pay TV. Harga decoder sekitar Rp.300.000-an di online, harga di daerah pasti lebih mahal. Pilihannya ada 3 yaitu K-Vision, Nusantara HD dan Nex Parabola.

Untuk fans sejati program acara RCTI, FelixMilea sarankan pilih K-Vision. Bukan iklan namun di K-Vision sudah ada siaran RCTI dengan gambar High Definition (HD) yang lebih cling. Selain itu K-Vision termasuk MNC Vision Networks yang punya hak siar program eksklusif seperti Indonesian Idol dan Master Chef.

Bagi yang enggan beralih ke Pay TV sebaiknya Ikhlaskan saja. Toh masih ada stasiun TV lain yang tidak kalah keren seperti SCTV dengan sinetron kejar tayang dan FTV atau Indosiar dengan Ku Menangis dan Dangdut. Faktanya banyak pengguna parabola yang sudah terbiasa dengan ketidakhadiran RCTI.

Satu tahun belakangan ini siaran RCTI, MNC TV dan GTV bisa dibilang sebagai channel televisi eksklusif yang hanya ada di Pay TV tertentu. Layanan TV satelit yang tidak memiliki channel dari MNC Group mulai ditinggalkan pelanggan. Ninmedia, SMV Freesat dan Matrix Garuda pun bertahan walaupun sulit mendapatkan pelanggan baru.

Tanya Jawab

Pada bagian ini FelixMilea.com akan menjawab beberapa pertanyaan seputar frekuensi RCTI terbaru untuk pengguna parabola.

Berapa Frekuensi RCTI di Telkom 4?

Total ada 5 transponder yang ditempati oleh RCTI. Yang paling disarankan adalah frekuensi K-Vision 3860 V 31000 yang sudah berkualitas HD. Selain itu ada 4060 V 31000 yang juga dari K-Vision namun masih SD.

4180 V 29800 dari NEX Parabola dan 3934 V 10000 dari NusantaraHD, keduanya menggunakan MPEG-4 dengan kualitas SD. Terakhir merupakan transponder backup dari MNC Media, 4034 H 16600 yang SD.

Berapa Frekuensi RCTI MPEG-2?

Sayang sekali sejak migrasi ke Telkom 4, semua siaran RCTI di satelit sudah menggunakan MPEG-4. Saat ini sebaiknya memilih salah satu Pay TV untuk dapat menyaksikan RCTI kembali. Receiver terbaru pasti dibekali fitur MPEG-4 bukan MPEG-2.

Bagaimana Cara Menonton RCTI Gratis di Parabola?

Sudah tidak ada siaran Free To Air (FTA) dari RCTI. Pilihan terbaik adalah membeli receiver rekomendasi dari K-Vision, Nusantara HD atau Nex Parabola. Walaupun merogoh kocek sekitar Rp. 300.000-an untuk beli receiver baru namun setelah itu RCTI bisa ditonton gratis tanpa biaya langganan.

Bagi yang ingin nonton RCTI, lebih baik memilih K-Vision karena sudah menyediakan siaran dengan kualitas HD. Selain itu K-Vision merupakan bagian dari MNC Vision Networks yang memiliki hak siar dari Indonesian Idol dan Master Chef.

Bagaimana Cara Membuka Siaran RCTI yang Teracak?

Jenis enkripsi yang digunakan TV berlangganan adalah acakan maut, bukan lagi BISS yang mudah dibobol. Nomor bisskey RCTI terbaru tidak akan berguna. Daripada buang waktu mencoba membuka siaran RCTI berlambang dollar, lebih baik membeli receiver rekomendasi lalu diaktivasi.

Mengapa RCTI Menghilang saat Indonesian Idol?

Bagi pengguna Nex Parabola dan Nusantara HD, siaran RCTI akan digantikan oleh program pengganti di jam tayang Indonesian Idol. Penyebabnya adalah hak siar, acara Indonesian Idol, Master Chef itu eksklusif hanya di MNC Vision Networks. Mereka adalah K-Vision, MNC Vision dan MNC Play.

Sebaiknya streaming di RCTI+, Vision+, dan MeTube. Pastinya legal karena merupakan aplikasi streaming resmi dari semua stasiun TV MNC Group.

Mengapa RCTI Menghilang saat ada Bola?

Tidak hanya di RCTI, siaran langsung dari turnamen olahraga di TV lain juga sering teracak. Alasannya HAK SIAR, stasiun TV yang bersangkutan hanya memiliki hak siar melalui terestrial saja bukan satelit. Misal Liga 1 Indonesia, di terestrial dimiliki oleh Indosiar, nah kalau di satelit dimiliki oleh K-Vision. Siaran Indosiar melalui satelit pasti teracak walaupun itu di Nex Parabola.

Kesimpulan

Saat ini RCTI hanya bisa dinikmati dengan membeli decoder khusus dari Pay TV. Pilihannya adalah K-Vision, NusantaraHD dan Nex Parabola. Pengguna cukup membeli decoder lalu aktivasi, siaran RCTI bisa ditonton gratis tanpa biaya bulanan. Sejak Juli 2019, tidak ada lagi siaran Free To Air dari RCTI melalui satelit.

Frekuensi RCTI terbaru untuk pengguna parabola jaring C-band kebanyakan ada di Telkom 4. Kebetulan ketiga Pay TV menempati satelit yang berada di 108 derajat bujur timur tersebut. Sebaiknya hindari siaran di Palapa D karena satelit tersebut akan berhenti beroperasi.

Sedangkan pengguna dish mini Ku-band bisa memilih satelit sesuai Pay TV yang dibeli. K-Vision ada di Measat 3a, Nex Parabola berada di SES 9 dan NusantaraHD menempati satelit TransVision yaitu Measat 3b.

Pada tahun 2020 sudah tidak ada lagi frekuensi RCTI MPEG-2 dan FTA. Walaupun banyak yang menentang, RCTI, GTV dan MNC TV telah menjelma sebagai channel premium. Bagi yang ingin siaran gratis tanpa beli decoder, sebaiknya beralih kembali ke antena UHF terestrial. Pihak MNC Group saat ini fokus dengan aplikasi streaming seperti RCTIplus, MeTube dan Visions+. Banyak promo dan tontonan gratis yang bisa dinikmati pengguna.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *